SELAMAT DATANG DI BLOG HONDA TIGER CIAMIS

Merawat tangki motor baru

Selasa, 11 Oktober 2011



Penyakit tangki motor yang bocor mungkin banyak dialami oleh pemilik motor cowok misalkan motor saya pribadi ini yaitu honda tiger revo, tangki bocor ini sering terjadi pada honda tiger, honda mega pro, dan GL yang mayoritas motor-motor baru. apakah para brother maniak sering mengalami kejadian serupa ini?
Apa langkah pertama saya ketika tangki motor saya ini bocor?yang pertama adalah menambal dengan sabun deterjen seperti ini,tapi ini hanya bertahan dalam beberapa jam saja.

Bingung harus berbuat apalagi,akhirnya langkah kedua langsung saja aq bawa ke tukang patri dengan ngeluarin gocek 180ribu.alhasil tangkiku di patri rata seperti gambar di atas.
Akhirnya aq agak lega setelah di patri ternyata tidak bocor lagi, dan motor tigerku siap digeber lagi...brrrrrrum..berangkattt..
tidak disangka,setelah seminggu tangki yang ditambal kokoh menggunakan timah itu akhirnya bocor lagi.pusing rasanya udah ngabisin uang banyak karena harga jasa patri yang begitu mahal ehh ga taunya bocor lagi.
saya ga kehilangan akal, saya beli lem besi di toko bangunan. saya tambal yang bocor tadi, masih belum puas trus saya tambal rata tangki honda tiger.
dan masih belum puas lagi setelah saya tambal menggunakan lem besi saya cat menggunakan pylox.di dalam hati saya yang paling dalam berkata "tidak bakal bocor lagi untuk yang ketiga kalinya!!!"
taraaaaaa...akhirnya jadi tangki modif ala saya sendiri...wkwkwkwk
Sebenarnya cara-cara diatas jangan ditiru, itu adalah langkah salah saya agar dengan harapan tangki saya hilang dari penyakit bocor.
ternyata semua hasilnya nihil.
Ini ada sedikit Tips merawat tangki motor yang saya baca dari berbagai sumber agar tangki motor para pecinta motor tidak bocor seperti motor saya.

-Berikan magnet pada dalam tangki, berfungsi untuk menarik kerak-kerak besi pada dalam tangki

-Jika sudah bocor ganti plat bawah tangki dengan plat bahan Galvanis trus bagian dalam tangki di cat poksi anti karat, dijamin tidak ada keluhan rembesan yang berpindah pindah.

-Rekomendasinya menggunakan epoxy tapi karena lubangnya terlalu besar ditutup dulu dengan fibreglass woven dan resin, jadi ada composite material. butuh waktu sekitar 6 jam sampe kering benar. campuran hardenernya dipilih tidak terlalu banyak, agar tidak getas, dan kurang nempel. jika sudah tertempel rapi dan baik di bagian tangki yg bocor baru akhirnya ditutupi lagi seluruhnya dengan epoxy/plastic steel. permukaan yang ditutup material ini sengaja lebih lebar dari yang ditutup pelat kompositenya berharap dari kekuatan material kedua ini, semuanya lebih terekat baik.
untuk bahan yang kedua ini sebenarnya cepat kering.

cara lengkapnya:
Langkah awal lepaskan tangki dari motor, kuras bensin dan keringkan. Jika korosinya sudah parah ada baiknya ditambal terlebih dahulu. Kemudian ikuti proses berikutnya. Siapkan pelor komstir sebanyak mungkin dan 1 liter tiner. Masukkan ke dalam tangki dan guncang agar pelor bergerak ke seluruh tangki. Lakukan proses ini berulang-ulang, sehingga cairan tiner yang keluar dari tangki bersih dari karat. Kemudian keringkan di bawah terik matahari.

Setelah benar-benar kering, siapkan campuran tiner dengan epoxy. Usahkan campuran ini jangan terlalu kental, ada baiknya encer. Masukkan cairan epoxy ini ke dalam tangki. Goyangkan tangki agar cairan epoxy merata ke seluruh bagian. Diamkan tangki di tempat teduh hingga lapisan epoxy kering. Lakukan ini berulang ulang agar lapisan epoxy di dalam tangki tebal.
Setelah selesai pasang kembali tangki ke posisi semula.

-Untuk pencegahan, jangan sering membiarkan tangki dalam kondisi kosong. Soalnya bisa mengundang kondensasi dan air.

itulah sedikit tips yang benar agar penyakit tangki bensin motor baru anda tidak bermasalah,jika anda punya tips yang lain silahkan di share disini agar kita semua mendapat manfaatnya.
terima kasih semoga berguna brother maniak.

2 komentar:

My.Download.Link mengatakan...

ane pernah ngalamin tuh, tanki bocor banyak alias kropos.. sampe ane ganti tangki baru.. klo sekarang ane selalu memposisikan keran bensin pada posisi RES meskipun kondisi bensin penuh, klo kondisi tinggal dikit malah ane posisikan pada ON.. kenapa?? karna pada posisi RES bensin yang disedot bensin yang ada pada dasar tangki, klo posisi ON bensin yang disedot bensin yang ada pada bagian tengah tangkin.. inilah penyebab masalah nya klo posisi RES air ikut kesedot dan ditampung pada filter keran bensin yg bentuknya U, dan itu kita dapat dengan mudah membuang air secara berkala.. klo posisis ON air yg ada dalam tangki akan selamanya didalam tangi ini dia penyebab karat dan keropos.. klo bensin sedikit ane posisikan ON karna biar ada peringatan dini klo bensin akan habis..

My.Download.Link mengatakan...

tambahan lagi.. kenapa pada umum nya tangki motor bebek atau matic kuat?? karna pada umumnya tangki motor bebek atau matic tidak ada posisi RES, maka bensin yang di sedot selalu bensin yang ada pada dasar tangki sehingga air yg ada atau masuk kedalam tangki akan kesedot kedalam filter bensin yg berbentuk U dan biasanya filter tersebut menyatu pada karburatornya.

Posting Komentar